Assalamualikum...

Dengan memanjatkan puji Alhamdulillah, saya manusia yang dhoif ini bisa ikut berpartisipasi dalam menambah hiruk dunia maya. Niat saya adalah semata-mata ingin berdakwah, menyeru manusia agar kembali kejalan Allah. menegakkan yang haq dan menumpas yang bathil. Saya mohon kritik dan saran dari pembaca, demi tercapainya tujuan tersebut. Semoga Allah melimpahkan Rahmat Nya dan Maghfirah Nya kepada kita semua. Aamiin

Selasa, 11 Maret 2008

MENDIAGNOSA HADIS PALSU

MENDIAGNOSA HADITS- HADITS PALSU

YANG BEREDAR DI MASYARAKAT

By Ahmad Rifa’I Alif

1.

((من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر، لم يزدد من الله إلا بعداً)). وفي لفظ: ((من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر ، فلا صلاة له)). قال الذهبي : قال ابن الجنيد: كذب وزور. قال الحافظ العراقي: حديث إسناده لين، قال الألباني : باطل لا يصح من قبل إسناده ولا من جهة متنه. "ميزان الاعتدال" (3/293) . "نخريج الإحياء" (1/143) . "السلسلة الضعيفة" (2 ، 985).

Barangsiapa sholatnya tidak bisa mencegah dari perbuatan keji dan munkar, maka dia akan bertambah jauh dari Allah. Dalam redaksi lain “Barangsiapa sholatnya tidak dapat mencegahnya dari perbuatan keji dan munkar maka tidak ada sholat baginya. Imam Adz Dzahabi berkata: Ibnu Junaid berkata: “ Bohong dan Dusta. Al Hafidz Al Iraqi berkata, hadits tersebut lemah sanadnya. Al Albani mengatakan, hadits ini bathil dari segi sanad dan matannya”. Mizanul I’tidal (3/293), Takhrijul Ihya (1/143), Silsilah Adh Dhoifah (2/985)

2.
2- ((الحديث في المسجد يأكل الحسنات كما تأكل البهائم الحشيش)). وفي لفظ : ((الحديث في المسجد يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب)). قال الحافظ العراقي: لم أقف له على أصل، قال عبد الوهاب ابن تقي الدين السبكي :
لم أجد له إسناداً ، قال الألباني : لا أصل له. "تخريج الإحياء" (1/136) . "طبقات الشافعية" للسبكي (4/145) . "الضعيفة" (4) .

Berbicara di Masjid bisa memakan amal kebaikan sebagaimana binatang ternak memakan rerumputan, dalam redaksi lain, berbicara di masjid bisa memakan amal baik sebagaimana api memakan kayu bakar.

Al Iraqi berkata: “aku tidak menemukan asalnya.” Senada dengan itu As Subuki mengatakan, aku tidak menemukan sanadnya. Sementara Al Albani menegaskan hadits tersebut tidak ada asalnya alias palsu. Takhrijul ihya’ (1/136), Thabaqatusy Syafi’iyah (4/145), Adh Dhoifah (4).

3.

- ((اختلاف أمتي رحمة)). موضوع. "الأسرار المرفوعة" (506) . "تنزيه الشريعة" (2/402)

. وقال الألباني: لا أصل له. "الضعيفة" (11)

Perbedaan umatku adalah rahmat.

Komentar : Hadits palsu. Lihat Al Asrarul marfu’ah (506), Tanzihusy Syari’ah (2/402), Al Albani berkata, tidak ada asalnya, Adh Dhoifah (11).

4.


- ((الناس نيام فإذا ماتوا انتبهوا)).
لا أصل له . "الأسرار المرفوعة" (555) . "الفوائد المجموعة" (766) . "تذكرة الموضوعات" (200).

Manusia semuanya tertidur ketika mati mereka terbangun.

Komentar : Tidak ada asalnya, lihat Al Asrarul marfu’ah (555), Al Fawaidul Majmu’ah (766), dan Tadzkirotul Maudhuaat (200).

5.

" اطلبوا العلم ولو بالصين "

قال ابن عراق : (قال ابن حبان : حديث باطل لا أصل له ) ([1]) .

وقال ابن الجوزي في الموضوعات: بعد أن رواه بسنده (هذا حديث لا يصح عن رسول الله صلى الله عليه وسلم…)([2])

Carilah ilmu sampai kenegeri Cina.

Komentar : Ibnu Araaqi berkata, bahwa Ibnu Hibban mengatakan Hadits tersebut bathil, tidak ada asalnya, Tanzihusy Syari’ah (1/258), Ibnu Jauzi dalam kitab Al Maudhuat berkomentar setelah meriwayatkan sanadnya, hadits ini tidak sah dari Rasulullah SAW, Al Maudhuat (1/216).

6.

- " من وسع على عياله يوم عاشوراء وسع الله عليه سائر سنته

أورده ابن الجوزي في الموضوعات، وفيه الهيصم بن شداخ، ثم قال: (قال العقيلي: الهيصم مجهول، والحديث غير محفوظ. قال ابن حبان: الهيصم يروي الطامات لا يجوز الاحتجاج به.. قال العقيلي: الحديث غير محفوظ ولا يثبت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في حديث مسند ) ([3]).

Barangsiapa yang meluaskan belanja keluarganya pada hari Asy Syuraa’, maka Allah akan meluaskannya seluruh tahunnya.

Komentar : Ibnu Al Jauziy meriwayatkannya dalam kitab Al Maudhuat, di dalam sanadnya ada rawi yang bernama Al Haisham bin Syaddaakh, kemudian beliau berkata, Al Uqailiy mengatakan Al Haisham ini majhul, hadits tersebut bukan mahfudz, Ibnu Hibban berkata Al Haishami tidak boleh dijadikan sebagai hujjah. Al Uqailiy menegaskan hadits tersebut bukan hadis mahfudz dan tidak berasal dari Rasulullah SAW. Al Maudhuat (2/203).

7.

- " الضرورات تبيح المحظورات "

قال العجلوني : "ليس بحديث "([4])

Kemadharatan memperbolehkan hal yang diharamkan

Komentar : Al Ajluni berkata, itu bukan hadits. Kasyful khofa (2/45).

8.


- ((تزوجوا ولا تطلقوا، فإن الطلاق يهتز له العرش)).
موضوع . "ترتيب الموضوعات" (694) . "الموضوعات" للصغاني (97) . "تنزيه الشريعة" (2/202) .

Menikahlah kalian dan jangan kalian bercerai, karena sesungguhnya cerai itu bisa menggoncangkan Arsy.

Komentar : Hadits palsu. Lihat Tartibul Maudhuat (694), Al Maudhuat Lish shoghoniy (97), Tanzihusy Syari’ah (2/202)

9.


((من عَرَفَ نفسهُ فقد عرف ربَّه))
.موضوع."الأسرار المرفوعة" (506) . و "تنزيه الشريعة"(2/402) . "تذكرة الموضوعات" (11) .

Barang siapa yang mengetahui dirinya maka ia telah mengetahui tuhannya.

Komentar : Hadits Palsu. Lihat Al Asrarul Marfu’ah (506), Tanzihusy Syari’ah ( 2/402), dan Tadzkirotul Maudhuat (11).

10.


((النظرة سهم من سهام إبليس من تركها خوفاً من الله آتاه الله إيماناً يجد حلاوته في قلبه)) .
ضعيف جداً. "الترغيب والترهيب" للمنذري (4/106) . "مجمع الزوائد" للهيثمي (8/ 63) . "تلخيص المستدرك" للذهبي (4/314) .

Pandangan adalah panah dari panah-panah iblis, barangsiapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah, maka Allah akan mendatangkan kepada Iman, yang ia temukan manisnya dalam hatinya.

Komentar : Sangat Dhoif. Lihat Attarghib watarhib lil Mundziri (4/106), Majmauzzawaid lil Haitsami (8/63), Talkhisul Mustadrok lidzdzahabi (4/314).

11.


((حب الدنيا رأس كل خطيئة))
. موضوع ."أحاديث القصاص" لابن تيمية (7) . "الأسرار المرفوعة" (1/163) . "تذكرة الموضوعات" (173) .

Cinta kepada dunia adalah pangkal dari segala kesalahan.

Komentar : Hadits palsu. Lihat Ahaditsul Qishash liibni Taimiyah (7), Al Asrarul Marfu’ah (1/163) dan Tadzkiratul Maudhuat (173).

12.

- "أمرت أن أحكم بالظاهر والله يتولى السرائر"

قال السخاوي: "لا وجود له في كتب الحديث المشهورة، ولا الأجزاء المنثورة، وجزم العراقي بأنه لا أصل له، وكذا أنكره المزي وغيره "([5])

Aku diperintahkan untuk menghukumi manusia dari dzohirnya, sementara Allah yang mengetahui perkara bathin.

Komentar : As Sakhowi berkata: hadits tersebut tidak terdapat dalam kitab-kitab hadits yang masyhur, dan juga pada juz-juz kitab yang beredar. Imam Al Iraqi menetapkan bahwa sesungguhnya hadits tersebut tidak berasal, demikian juga Al Mizzi dan yang lainnya mengingkari hadits tersebut.

13.

: " رجب شهر الله، وشعبان شهري، ورمضان شهر أمت

Rajab adalah bulan Allah, Sya,ban adalah bulanku dan Ramadhon adalah bulan umatku.

Komentar : Hadits Palsu. Ibnu Hajjar Al Asqalaniy mengategorikan hadits ini dengan hadits palsu. Lihat Tabyinul Ajab li Ibni Hajjar (29).

14.

اطلبوا العلم ولو بالصين، فإن طلب العلم فريضة على كل مسلم، البيهقي في الشعب، والخطيب في الرحلة وغيرها، وابن عبد البر في جامع العلم، والديلمي، كلهم من حديث أبي عاتكة طريف بن سلمان، وابن عبد البر وحده من حديث عبيد بن محمد عن ابن عيينة عن الزهري كلاهما عن أنس مرفوعاً به، وهو ضعيف من الوجهين، بل قال ابن حبان: إنه باطل لا أصل له، وذكره ابن الجوزي في الموضوعات

Carilah ilmu sampai kenegeri cina, maka sesungguhnya mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Komentar : Hadits Palsu. Hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syuabul Iman, Al Khotib dalam Ar Rihlah, Ibnu Abdul Bar dalam Jami’ul Ilmi. Ibnu Hibban berkata: Hadits ini Bathil yang tidak ada dasarnya. Ibnu Al Jauzy menuliskannya dalam kitab Al Maudhuat ( Maqashidul Hasanah nomor 125 )

15.

" إذا جامع أحدكم زوجته أو جاريته فلا ينظر إلى فرجها؛ فإن ذلك يورث العمى "

قال الشوكاني : (رواه ابن عدي عن ابن عباس مرفوعاً. وقال ابن حبان: هذا موضوع. وكذا قال ابن أبي حاتم في العلل عن أبيه. وعده ابن الجوزي في الموضوعات) ([6]).

Ketika salah satu dari kalian berhubungan badan dengan istrinya atau budaknya maka janganlah melihat kemaluannya. Katena sesungguhnya yang demikian itu bias menyebabkan kebutaan.

Komentar : hadits Palsu. Asy Syaukani berkata : hadits ini diriwayatkan oleh ibnu Adiy dari Ibnu Abbas secara marfu’, Ibnu Hibban berkata : Hadits ini palsu. Demikian juga Ibnu Abi Hatim menyatakan palsu dalam kitabnya Al Ilal. Ibnu Al Jauziy memasukkannya dalam kitab Al Maudhuat. ( Fawaidul Majmu’ah (127) )

16.

- " حب الوطن من الإيمان "

ذكره الصاغاني في الموضوعات([7]) ، وقال السخاوي : "لم أقف عليه"([8])

Cinta tanah air sebagian dari Iman.

Komentar : Hadits Palsu. Imam Ash Shaghaniy menyebutnya dalam Al Maudhuat, sementara Imam As Sakhawi berkata: aku tidak menemukan sanadnya ( suatu isyarat bahwa hadits tersebut palsu.( Maqashidul Hasanah (386) )

17.

خير الأمور أوساطها

، ابن السمعاني في ذيل تاريخ بغداد بسند مجهول عن علي مرفوعاً به، وهو عند ابن جرير في التفسير من قول مطرف بن عبد اللَّه ويزيد بن مرة الجعفي، وكذا أخرجه البيهقي عن مطرف

Sebaik-baiknya perkara adalah yang pertengahan.

Komentar : Hadits Palsu. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ibnu As Sam’aniy dalam kitab Dzailu Tarikhi Baghdadi dengan sanad majhul dari ‘Ali secara marfu’. Menurut Ibnu Jarir dalam At Tafsir ungkapan tersebut adalah perkataan Mutharrif bin Abdillah dan Yazid Bin Murrah Al Ja’fiy. Imam Baihaqiy juga meriwayatkan hadits tersebut dari Mutharrif. ( Al Maqashidul Hasanah (455) ).

18.

قال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم الإيمان يزيد وينقص عمار منكر الحديث وأحاديثه بوطل.‏

Rasulullah Bersabda : Iman Itu Bisa bertambah dan bisa berkurang.

Komentar : Hadits Munkar. Salah satu rawi yang bernama Amar bin Mutharrif adalah Munkarul Hadits dan seluruh haditsnya bathil. (la’alil Masnu’ah lis suyuthi (2/3). Akan tetapi Ibnu Arraq dalam Kitab Tanzihusy Syariah mengatakan bahwa Amar ini dinilai tsiqoh oleh sebagian ahli hadits ( Tanzihusy Syari’ah 1/150).

19.


إن الله جعل قرة عيني في الصلاة وحبب إلي الطيب والنساء

فيه يوسف بن عطية السعدي متروك



Sesungguhnya Allah menjadikan sholat sebagai penyejuk hatiku dan aku menyukai wangi-wangian dan perempuan.

Komentar : hadits Matruk. Di dalam sanadnya terdapat Rawi yang bernama yusuf bin athiyyah As Sa’diy, dia adalah matruk.( Ma’rifatut Tadzkiroh 1/106 )

20.


أنا مدينة العلم وعلي بابها
فيه أبو الصلت الهروي واسمه عبد السلام وفيه عثمان بن خالد إسماعيل بن محمد بن يوسف وكلهم كذبه

Aku adalah kotanya ilmu dan Ali adalah pintunya.

Komentar : hadits Palsu. Di dalam sanadnya terdapat Abu Shalat Al harawiy nama lengkapnya Abdussalam, dan juga terdapat Utsman Bin Kholid, Ismail Bin Muhammad Bin yusuf, yang kesemuanya adalah pendusta.( Ma’rifatut Tadzkirah 1/126 )

21.


خير الناس أنفعهم للناس
فيه عمرو بن بكر السكسكي هو منكر الحديث

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.

Komentar : Hadits Munkar. Di dalamnya Amr bin Bakr As Saksasiy. Dia Munkarul Hadis.( Ma’rifatut Tadzkirah 1/145 )

22.

علموا أولادكم أبناء سبع الصلاة واضربوهم علها أبناء عشر

فيه عبد المنعم بن نعيم منكر الحديث قاله البخاري

Ajarilah anak-anakmu di umur tujuh tahun, dan pukullah ketika anak berusia sepuluh tahun.

Komentar : Hadits Munkar. Di dalam sanadnya terdapat Abdul Mun’im Bin Na’im. Imam Bukhori berkata dia Munkarul Hadits.( Ma’rifatut Tadzkirah 1/166 ).

23.


لا نكاح إلا بولي وشاهدي عدل
فيه عبد الله بن محرر متروك الحدي

Tidak sah nikah kecuali dengan wali dan dua saksi yang adil.

Komentar : Hadits Matruk. Didalam sanadnya terdapat Abdullah Bin Muharrar. Dia adalah Matrukul Hadits.( Ma’rifatut Tadzkirah 1/251 )

24.

إن عبد الرحمن بن عوف يدخل الجنة حبواً. موضوع. "المنار المنيف" لابن القيم (306) . "الفوائد المجموعة" للشوكاني (1184).

Sesungguhnya Abdurrahman Bin Auf masuk surga dengan merangkak.

Komentar : Hadits Palsu. ( Lihat Kitab Al Manrul Munif (306), dan Al Qawaidul Majmu’ah (1184 )

25.



([1]) تـنـزيه الشريعة (1/258).

([2]) الموضوعات (1/216).

([3]) الموضوعات (2/203).

([4]) كشف الخفاء (2/45 )

([5]) المقاصد الحسنة (برقم 178) .

([6]) الفوائد المجموعة (ص 127).

([7]) (رقم 81)

([8]) المقاصد الحسنة (رقم 386)

Tidak ada komentar: